5 Trik Perawatan Rel Partisi Geser Agar Fungsinya Optimal

  • by

Rel partisi geser merupakan komponen penting dalam sliding partitions. Anda harus mengenali fungsi dan perawatannya, baik sebelum membeli maupun saat sudah memasangnya di rumah atau tempat usaha.

Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenali manfaat utamanya dan trik jitu untuk melakukan perawatan. Hal ini dilakukan supaya penyekat ruangan dapat berfungsi secara optimal meski sudah lama dipasang.

Fungsi utama rel partisi geser

Sebagaimana diketahui, rel memiliki fungsi yang sangat penting dalam pergeseran atau pergerakan pintu partisi. Tanpa dia, penyekat ruang tidak akan dapat memberikan manfaatnya secara optimal.

5 Trik Perawatan Rel Partisi Geser Agar Fungsinya Optimal

Sama halnya dengan rel kereta api yang memastikan roda tetap pada lintasan. Rel dari partisi pun demikian. Dialah yang memastikan bahwa roda dapat bergerak di lintasan yang ada sesuai dengan pemasangan pertama kali.

Bila ada yang salah dengan relnya, misalnya kotor atau ada yang penyok. Maka roda tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Akibatnya, akses partisi pun tidak bisa difungsikan secara optimal atau dengan kata lain terjadi macet.

Maka dari itu, rel harus dirawat dengan baik. Bila memang terjadi kerusakan, harus segera di perbaiki. Bahkan bila perbaikan tidak memungkinkan, maka penggantian menjadi satu-satunya jalan.

5 Cara merawat rel partisi geser yang benar

Agar penyekat ruangan dapat bekerja secara optimal dan akses buka tutupnya berjalan dengan lancar, perawatan rel secara berkala tidak bisa dihindari. Perawatan ini bisa dilakukan dengan cara:

1.      Menjaga kebersihannya dengan baik

Sebuah lintasan harus dipastikan kebersihannya agar roda-roda yang melintas dapat bergerak dengan leluasa. Jika ada ganjalan atau hambatan sedikit saja, maka proses pergeseran tidak akan bisa berjalan dengan mulus.

Nah, untuk versi geser, rel semacam ini biasanya ada di bagian atas dan bawah. Anda harus memastikan bahwa seluruh rel dalam kondisi bersih.

Masalah yang biasanya muncul di bagian atas adalah kotoran, jaring hewan, atau binatang-binatang kecil yang terperangkap. Anda harus memastikan bahwa semua itu bersih.

Sementara di bagian bawah, ada debu dan kotoran yang seringnya menjadi masalah. Untuk itu, saat menyapu lantai, hendaknya Anda memperhatikan bagian ini dengan baik.

Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan vakum atau penyedot debu untuk membersihkannya. Hal ini karena lintasannya umumnya dalam dan ukurannya kecil.

Bila memang tidak ada vacuum cleaner, Anda bisa memakai tisu atau kain basah agar kotorannya menempel.

2.      Menjaga pemuaian pada lintasan

Sama halnya dengan komponen pintu pada perabot rumah tangga yang bisa memuai saat terjadi perubahan panas, rel inipun bisa mengalaminya. Hal ini ditandai dengan suara berkerat saat partisinya dioperasikan.

Untuk mengembalikan performanya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan pelumas. Bisa berupa minyak atau oli ke bagian yang mengeluarkan bunyi.

3.      Membuka dan menutup secara lembut

Meski kokoh, usahakan untuk menjaga performa rel dengan tidak membuka dan menutup partisi secara kasar. Geser perlahan untuk membuka dan geser perlahan untuk menutupnya.

Membukanya secara kasar dengan kecepatan tinggi bisa jadi membuat relnya cepat aus dan performanya akan berkurang seiring waktu.

4.      Servis

Saat pemasangan pertama kali, jangan lupa tanyakan kepada tim pemasang apakah ada garansi servis bila terjadi sesuatu pada penyekat ruangan gesernya. Barangkali ada, Anda bisa memanggil mereka apabila terjadi sesuatu.

5.      Penggantian dan harga rel partisi geser

Selain perbaikan akan kerusakan, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana penggantiannya bila ada kerusakan yang tidak bisa diperbaiki lagi. Carilah info mengenai harga rel yang spesifikasinya sesuai dengan produk yang diinstal di rumah.

Itulah fungsi dan trik perawatan rel partisi sliding. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

3 Cara Membuat Partisi Lipat Murah untuk Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *