5 Jenis Pintu Partisi Geser Untuk Desain Eksterior Dan Interior

Jika diperhatikan, ada banyak sekali jenis pintu partisi geser yang bisa dipilih untuk dipasang di rumah. Dari yang bergaya Jepang hingga modern. Manakah yang paling cocok untuk rumah Anda?

Kali ini, kami akan mengulas mengenai beberapa jenis pintu geser yang bisa menjadi sekat ruangan di rumah.

Recommended! Ini 5 jenis pintu partisi geser untuk desain eksterior dan interior di rumah Anda

Secara umum, ada lebih dari 10 jenis pintu geser yang bisa menjadi partisi ruangan di rumah Anda. Tapi kami kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai beberapa model yang umum digunakan di Indonesia:

1.      Pintu geser patio

Bahasa Indonesia untuk patio adalah teras. Namun, bukan berarti jenis pintu ini hanya digunakan untuk teras saja.

Pintu geser patio sebagaimana diulas di homestratosphere, adalah sebuah pintu geser yang terdiri dari dua panel. Satu jadi panel tetap yang tidak bisa digeser. Satunya lagi adalah panel pintu yang bisa digeser. Pegangan pintunya tentu saja di bagian tepi dari panel pintu yang dapat digeser.

Pintu jenis ini memberikan akses yang bagus antar ruangan karena mudah dibuka. Dan memberikan kesan ruangan simpel tapi luas.

2.      Pintu ala Jepang / Shoji doors

Sliding door berikutnya adalah pintu geser ala Jepang, Shoji doors. Yang menarik dan unik dari pintu geser ini adalah bahan utama yang digunakan, yaitu kertas dan kayu.

Jika Anda suka dengan konsep rumah ala Jepang, memasang pintu geser jenis ini terasa sangat pas di rumah. Namun perlu diperhatikan bahwa bahan yang digunakan adalah kertas, jadi cukup rawan. Terlebih jika ada anak-anak di rumah.

3.      Barn doors

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, barn berarti gudang. Pintu sekat geser ini sangat simpel dan pemasangannya pun sangat mudah.

Untuk memasang pintu ini hanya dibutuhkan pintu kayu dan trek atau alur atas bawah yang biasanya digunakan untuk menggeser pintu. Trek atau alur ini bisa dipasang langsung ditembok. Jadi, tipe pintu partisi geser ini sangat cocok untuk ruangan yang dibuat tanpa pintu atau hanya ada lubang pintunya saja.

Meski namanya identik dengan gudang, pintu jenis ini bisa digunakan di mana saja.

4.      Pintu geser untuk kamar mandi

Pintu geser yang biasanya terpasang di kamar mandi umumnya adalah pintu geser yang multifungsi. Artinya, selain bisa berguna sebagai sekat yang bisa dibuka dan ditutup, pintu geser ini juga memiliki fungsi lain, misalnya sebagai tempat menggantung handuk.

Ciri dari pintu geser ini adalah adanya tempat untuk menggantung handuk dan terdapat dua panel pintu. Yang satu bisa digeser sedang yang lain berfungsi sebagai tumpuan (tidak dapat digerakkan).

Umumnya, pintu ini juga berbahan kaca tebal untuk menahan air dari kamar mandi supaya tidak keluar. Fungsi lain dari bahan kaca adalah agar mudah dibersihkan, mudah kering, dan tidak rentan terhadap jamur meski berada di ruangan yang lembab.

5.      Pintu geser ala perancis

Jenis sekat ruangan berikutnya adalah pintu geser ala perancis. Berbeda dengan pintu geser patio yang hanya punya satu handle pintu, pintu geser ini biasanya punya 2 handle sekaligus. Jadi, akses keluar masuk antar ruangan berada di bagian tengah antara dua panel pintu tersebut.

Tipe pintu sekat geser ala perancis ini biasanya digunakan di kamar tidur atau ruang keluarga yang langsung tembus dengan alam terbuka. Jadi, bisa dijadikan sebagai item desain interior maupun eksterior.

Model dan jenis pintu partisi geser manakah yang paling cocok untuk diterapkan dengan desain rumah Anda saat ini? Pastikan untuk memilihnya dengan cermat sesuai kebutuhan.

Baca juga

Keuntungan Menggunakan Partisi Penyekat Ruangan

1 thought on “5 Jenis Pintu Partisi Geser Untuk Desain Eksterior Dan Interior”

  1. Pingback: Review Top! Inilah 3 Jenis dan Harga pireki yang Murah | Pireki Asia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *